Seputar Ospek dan Tips Beradaptasi di Kampus Baru

Group Options

Events

No event created yet.
Seputar Ospek dan Tips Beradaptasi di Kampus Baru

 

 

 

 

Di dunia sekolah, kamu mungkin familiar banget dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS) yang sekarang sudah dihapus dan diganti menjadi kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kalau di dunia kuliah, ada juga kegiatan serupa yang ditujukan untuk mahasiswa baru bernama Ospek—yang menrupakan singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus.

Eniwei, apa sih, yang kamu tahu dari Ospek? Identik dengan perploncoan? Sarat dengan senioritas? Buang tenaga dan buang duit? Hal yang kalau nggak diikuti dengan baik dan benar bakal bikin perkuliahanmu terancam?

Jangan keburu ciut ketika mendengar hal-hal yang terasosiasi dengan Ospek Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 seperti di atas, ya, gaes. In some ways, hal itu memang ada benarnya. Kamu juga harus tahu kalau Ospek zaman old tidaklah sama dengan Ospek zaman now. Makanya, yuk cari tahu seputar Ospek mulai dari penting atau nggaknya, plus dan minusnya, sampai trik-trik cantik dalam menghindari senior jahil ketika Ospek berlangsung (jika ada). Psst, nggak cuma itu, ada juga tips berfaedah untuk dapat beradaptasi dengan cepat di kampus baru agar kamu nggak dijuluki “mahasiswa baru bau bawang” terus!

Selayaknya manusia, Ospek Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 itu ada berbagai macam jenisnya. Beragam banget dari kampus ke kampus. Ada yang seharian cuma duduk manis dengerin seminar, ada yang seminggu penuh ngejar-ngejar senior untuk modus nanya anu-itu seputar perkuliahan, ada juga yang kudu ngampus tiap wiken untuk ikutan kegiatan pengembangan diri selama satu semester penuh.

Dari dulu, yang namanya Ospek selalu identik dengan bullying alias perploncoan oleh senior terhadap mahasiswa baru. Dengan membawa embel-embel “mengubah mentalitas”, Ospek dijadikan ajang seru-seruan oleh senior untuk menyuruh mahasiswa baru melakukan berbagai kegiatan yang bisa saja membahayakan jiwa. Nggak heran, deh, kalau kamu tanya ke mahasiswa zaman old soal penting atau nggaknya mengikuti Ospek, pasti jawabannya bakal sama: Nggak.

Yang namanya Ospek zaman now udah nggak ada lagi perploncoan ataupun senioritas, kok. Ospek zaman now bisa dibilang lebih memfokuskan kegiatan-kegiatan pengenalan dunia kampus dan pengembangan diri untuk mahasiswa baru, jadi bisa dibilang Ospek zaman now punya lebih banyak manfaat dibanding Ospek zaman old yang cuma jadi ajang balas dendam senior ke junior karena dulunya pernah dikerjain juga ketika masih maba. Tujuan utama (sebenernya) pengadaan Ospek hanya untuk itu tadi, seru-seruan. Nggak ada niat luhur mau mengubah mentalitas mahasiswa baru https://www.pmbuntar.com/perguruan-tinggi-swasta/. Asyem.

Balik lagi: itu sih dulu, ya. Menurut Youthmanual, dengan kebijakan Ospek yang ada sekarang, akan lebih baik jika kamu mengikuti kegiatan Ospek dibanding kamu memutuskan untuk nggak mengikutinya. Meskipun hukumnya nggak wajib, Ospek adalah kegiatan yang penting dan esensial untuk diikuti semua mahasiswa baru. Karena terlepas dari senior “galak” dan tugas-tugas aneh, Ospek tetap punya manfaat!

Dalam setiap Ospek, pasti ada sesi pengenalan program studi, dimana seniormu akan cuap-cuap apa pun tentang program studi kuliahmu. Nah, hal ini pastinya penting banget untuk kamu tahu, ‘kan?

Sebenarnya sebelum kamu mulai kuliah, pasti kamu sudah cari info tentang jurusanmu. Tetapi info yang kamu dapatkan paling hanya info-info formal. Bagaimana dengan info informalnya? Apakah kamu tahu, bagaimana cara lulus di kelasnya Pak X yang terkenal pelit nilai? Atau apakah kamu tahu lokasi persis warteg sekitar kampus yang paling enak tapi murah meriah? Nah, hal-hal kecil tapi penting yang kayak gini, nih, yang bakal kamu dapat saat Ospek.

Ikutan Ospek beasiswa s1 juga membuat kamu lebih kenal budaya kampusmu lewat kakak-kakak senior. Soalnya, gimanapun juga, Ospek tiap kampus itu berbeda-beda, sesuai dengan budaya tiap kampus. Jadi setelah Ospek, diharapkan kamu bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya kampus.

Salah satu masa kelam saat kuliah adalah hari-hari awal jadi maba. Semua terasa membingungkan dan overwhelming. Apalagi kalau kampus kamu besar dan padat dengan manusia. Ospek akan memberikan kamu sense of direction dengan lebih cepat, sehingga ketika perkuliahan udah berjalan, kamu nggak buang waktu untuk bingang-bingung di kampus, kayak anak ayam kehilangan induknya. The sooner your campus feels like home, the better.

Oya, tugas-tugas selama Ospek itu biasanya nggak hanya banyak, tetapi juga aneh-aneh, dengan deadline yang super mepet. Nyebelin, sih, tetapi sebetulnya, itulah cerminan dunia perkuliahan yang akan kamu alami selama bertahun-tahun.

Lagipula, kamu nggak usah takut nggak bisa keep up, gaes. Selama Ospek, kakak-kakak senior bakal mendampingi kamu dalam kegiatan-kegiatan (baca: tugas) aktif dalam kampus, kok. Jadi, kamu nggak perlu cemas kalau ada hal yang belum kamu pahami betul, karena kakak senior yang bisa kamu “ganggu” untuk memecahkan masalahmu. Yang artinya…

Dekat dengan senior itu berharga, lho. Ada banyak banget “ilmu informal” yang bisa ditransfer dari senior, misalnya, cara menguasai mata kuliah tertentu, cara ngadepin dosen galak, info kos-kosan dan tempat makan enak, info lowongan magang dan sebagainya. Mereka juga bisa bantu-bantu kamu, misalnya, dengan minjemin buku teks wajib yang harganya bisa buat traktirin satu keluarga besar kamu makan di kaefci… tiga kali.

Nggak cuma senior, Ospek juga terbukti efektif bikin hubungan kamu dan teman-teman seangkatan jadi makin dekat Dengan mengarungi berbagai cobaan demi cobaan yang bertubi-tubi dari senior bersama-sama (halah), ini akan menumpuk rasa solidaritas. Percaya, deh, nggak ada hal yang lebih menyenangkan di kampus selain akrab sama anak-anak seangkatan yang bisa diajak susah dan senang bareng.

Baca Juga : Cara Berhenti Donasi Unicef

Terutama buat kamu yang mahasiswa rantau, Ospek bisa sangat membantu kamu cepat dapat teman baru. Ketika Ospek, biasanya kamu akan tergabung dalam kelompok, dan kamu harus mengerjakan tugas dan melakukan aktivitas Ospek bareng anak-anak kelompokmu ini. Walau baru satu atau dua hari di kampus, kamu pasti bakal seneng, deh, karena bisa dapat kenalan baru. Sedih, lho, kalau jadi mahasiswa yang apa-apa harus sendirian. Lonli banget, sik?

Apa pun jenis kegiatan Ospek yang diselenggarakan oleh kampusmu, yang jelas Ospek zaman now akan selalu dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan seru yang bisa kamu jadikan sebagai ajang pengembangan diri.

Misalnya, kalau di Ospek kampusmu ada seminar dan workshop, di sini kamu bisa mengasah berpikir kritis dan juga kreativitas. Kalau senior minta bikinin paper dan dipresentasikan dalam grup, kamu sudah bisa mengasah kemampuan bekerjasama dengan tim. Atau, sesimpel disuruh ngejer-ngejer senior untuk wawancara singkat aja, hal itu udah bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam ber-networking.

 

 

 

 

  • There are no announcements yet.
  • There are no discussions in this group yet. Why don't you create one?

Calendar

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Contact Us

  • Nu-Vision High School
  • Rusororo sector, Kabuga, Kigali
  • Po. Box 2681 KIGALI RWANDA
  • + 250 (0) 788354848 or + 250 (0) 0788358182
  • nuvision.school[at]yahoo.com
  • www.nuvisionhighschool.com

 

 parents please fill in your contact information

HomeGroups Top of Page
Zo2 Framework Settings

Select one of sample color schemes

Google Font

Menu Font
Body Font
Heading Font

Body

Background Color
Text Color
Link Color
Background Image

Top Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Header Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Mainmenu Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Slider Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Mainframe Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Menu Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image
Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image